Follow us on:
Home News High School Workshop Guru-Guru SMP dan SMA: The Practical Teaching and Learning in An International School Setting
Workshop Guru-Guru SMP dan SMA: The Practical Teaching and Learning in An International School Setting

Hari ini, 8 Januari 2018, guru-guru SMP dan SMA Pilar Indonesia mengikuti sesi Professional Development dengan tema “The Practical Teaching and Learning in An International School Setting” yang dibawakan oleh Ibu Frida D. Widjaya dari EduWorld Education Consultancy. Workshop yang terbagi dalam empat sesi ini mengajak peserta untuk berefleksi dan berpikir tentang peran guru dan sekolah dalam abad ke-21.

Pada sesi pertama, yang diberi judul, 21st Century Skills and Brain-Based Learning, peserta diajak memahami keterampilan-keterampilan yang penting dimiliki oleh siswa pada abad ke-21 serta desain pembelajaran yang didasarkan pada kemampuan dan keunikan otak manusia. Peserta diajak berdiskusi mengenai prinsip-prinsip dalam brain-based learning, serta implikasinya dalam proses pembelajaran.

Sesi kedua menitikberatkan pada pembelajaran berbasis teknologi, taksonomi Bloom, dan pengajaran digital. Peserta diajak mengevaluasi strategi pembelajaran yang telah dilakukan dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Lower dan higher order thinking dari taksonomi Bloom juga menjadi topik diskusi yang sangat menarik. Hal-hal ini kemudian dibahas lebih lanjut dalam sesi ke-3, mengenai perencanaan dan implikasinya di kelas.

Pada sesi terakhir, Ibu Frida mengajak peserta berdiskusi dalam kelompok mengenai sekolah terbuka dan berpikiran internasional. Melalui strategi “prediction guide”, peserta diajak untuk mengajukan pertanyaan, memberikan argumen (pro dan kontra) dengan kritis, serta memberikan contoh-contoh dan kesimpulan dari pertanyaan tersebut.

Melalui kegiatan professional development hari ini, guru-guru SMP dan SMA semakin diperlengkapi dengan pemahaman mengenai keterampilan abad ke-21, brain-based learning, pembelajaran berbasis teknologi yang dikaitkan dengan taksonomi Bloom, serta merefleksikan apakah strategi dan program-program yang telah dilakukan mencerminkan diri kita sebagai sekolah yang terbuka (open-minded) dan berpikiran internasional.

Terima kasih banyak, Ibu Frida D. Widjaya, atas ilmu dan pengalaman yang telah dibagikan. Semoga hal ini semakin menambah motivasi dan semangat para guru dalam memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

 

pic-01
Prev  Set 1/7  Next
pic-01
pic-02
pic-03
pic-04
pic-05
 
Friendship Schools

Link to Le Fevre Web

Link to KICE Web link to Telopea Web Link to Forrest Primary Web