Follow us on:
Home
Bela Negara Camp 2018

Sore hari, tanggal 5 Agustus 2018, siswa kelas 10-12 SMA Pilar Indonesia telah berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti Bela Negara Camp, tepatnya di Skadik 105 Lanud Adi Sutjipto. Program yang berlangsung sejak tanggal 6 hingga 12 Agustus ini bertujuan untuk mengembangkan rasa cinta tanah air, serta kemandirian dan kedisiplinan siswa. Kakak-kakak SMA Pilar Indonesia terlihat sangat antusias dan memiliki kerja sama tim yang baik.Selamat menikmati pengalaman baru, kakak-kakak!

 

 

Hari ke-1

Hari ini siswa mengikuti apel, penyambutan, serta sesi psikologi mengenai kemandirian, kerja sama, dan pemecahan masalah. Mereka juga mengikuti sesi pendalaman cinta tanah air dan baris-berbaris.

Hari ke-2

Pada hari kedua Bela Negara Camp, siswa kelas 10-12 SMA Pilar Indonesia mengikuti kegiatan orientasi, dengan belajar menaklukkan lintas medan rute Merapi dengan jarak kurang lebih 5 km. Selain itu, kemarin, siswa juga mengikuti sesi kesehatan lapangan serta pelatihan baris-berbaris.

Hari ke-3

Memasuki hari ke-3 Bela Negara Camp, siswa kelas 10-12 SMA Pilar Indonesia melakukan kunjungan ke pasar tradisional Pakem. Kegiatan dilanjutkan dengan memasak, pioneering, serta materi survival. Berbagai kegiatan ini kian memperlengkapi mereka untuk lebih mandiri dan memiliki kerja sama yang baik sebagai sebuah tim.

Hari ke-4

Pada hari keempat Bela Negara Camp, siswa kelas 10-12 SMA Pilar Indonesia mengikuti berbagai kegiatan, yaitu pembinaan potensi dirgantara, pembuatan model pesawat, pengetahuan bela negara, serta latihan baris-berbaris. Pengetahuan dan pengalaman baru yang mereka dapatkan sungguh bermanfaat dalam pembinaan mental dan karakter.

Hari ke-5

Memasuki hari ke-5, siswa kelas 10-12 SMA Pilar Indonesia mengikuti latihan fisik HTF (penyeberangan kering dan titian dua tali) serta caraka malam. Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan kedisiplinan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Hari ke-6 dan 7

Pada hari keenam Bela Negara Camp, siswa kelas 10-12 SMA Pilar Indonesia mengikuti Upacara Penutupan Bela Negara Camp yang dipimpin oleh Komandan Skadik 105, Letkol Monika Theresia Purba ST, M.Si. Acara dilanjutkan dengan penyalaan api unggun dan mereka pun berkesempatan menampilkan keterampilan yang telah dipelajari dalam camp ini. Suasana keakraban yang terjalin antara siswa, pelatih, dan pembina sungguh terlihat. Pada hari ketujuh, mereka kembali pulang, namun setiap pengalaman yang dirasakan dan pengetahuan yang dipelajari tentu akan berguna dalam kehidupan mereka.

 

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar Skadik 105 Lanud Adisutjipto, siswa kelas 10-12, orang tua siswa, serta guru-guru Sekolah Pilar Indonesia, yang telah berperan dalam mewujudkan program Bela Negara Camp. Selamat, anak-anak, kalian telah mengikuti rangkaian program Bela Negara Camp dengan baik dan percaya diri. Kalian tangguh!

 

pic001
Prev  Set 1/13  Next
pic001
pic002
pic003
pic004
pic005
 
Friendship Schools

Link to Le Fevre Web


link to Telopea Web Link to Forrest Primary Web